b374k
v10
today : | at : | safemode : ON
> / home / facebook / twitter / exit /
name author perms com modified label

Cara menginstall JDBC didalam Java menggunakan MySQL Connector Java Gembel Eulite rwxr-xr-x 0 Selasa, Desember 28, 2010

Filename Cara menginstall JDBC didalam Java menggunakan MySQL Connector Java
Permission rw-r--r--
Author Gembel Eulite
Date and Time Selasa, Desember 28, 2010
Label
Action
Disini saya akan membahas tentang bagaimana cara menginstall JDBC dengan menggunakan cara copy-paste. Kenapa saya lakukan ini? Awalnya pada saat saya ingin melakukan koneksi antaraJava dengan MySQL, saya mengalami kesulitan dalam melakukan instalasi JDBC dalam komputer saya. Apa karena caranya yang terlalu rumit atau karena keterbatasan saya, saya juga tidak tahu. Tapi yang jelas cara ini sangat praktis dan mudah, sehingga tidak perlu pusing lagi dalam melakukan instalasi JDBC.

Bagi yang hobinya copy-paste, cara ini adalah cara yang sangat tepat dalam menginstall JDBC. Sebelum saya memberikan cara cepat menginstall JDBC, tidak ada salahnya kalau saya memberitahu tentang pengertian JDBC terlebih dahulu. JDBC merupakan driver penghubung yang digunakan dalam menghubungkan antara aplikasi ( program ) Java dengan DBMS ( Database Management system ).
Disini saya menggunakan driver mysql-connector-java-3.1.14, itu masih versi lama. Untuk mendapatkan versi terbaru, teman-teman semua bisa mendownloadnya di :http://dev.mysql.com/downloads/connector/j. Sebelum teman-teman menginstall JDBC kedalam komputer teman-teman, satu hal yang paling penting adalah komputer teman-teman harus sudah terinstall Java ( versi terakhir bisa didownload di http://java.sun.com ) dan MySQL ( Versi terakhir bisa didownload di http://www.mysql.com ).
Berikut adalah cara instalasi JDBC ke dalam komputer anda :
  1. Download mysql connector pada http://dev.mysql.com/downloads/connector/j
  2. Copy fle mysql-connector-java-3.1.14-bin kedalam direktori JAVA_HOME/jre/lib/ext, contoh : j2sdk1.4.2_03/jre.lib/ext.
  3. Selesailah cara menginstall JDBC kedalam komputer teman-teman.
Sekian dulu dari saya, karena ini masih awal, jadi saya belum bisa menulis terlalu panjang, mudah-mudahan bermanfaat bagi teman-teman semua.
Mohon koreksinya……

0 Komentar:

Posting Komentar

 

Jayalah Indonesiaku © 2010 Koran Bekas
VB (Vio b374k) Template design by p4r46hcyb3rn3t